Dampak Dari Revolusi Bumi: Pergerakan Bumi yang Mempengaruhi Kehidupan

Dampak Dari Revolusi Bumi: Pergerakan Bumi yang Mempengaruhi Kehidupan
freepik.com

Bumi adalah planet yang kita huni bersama dengan makhluk hidup lainnya. Bumi memiliki gerakan yang dinamis di dalam tata surya, yaitu rotasi dan revolusi. 

Rotasi adalah perputaran bumi pada porosnya, sedangkan revolusi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. 

Revolusi bumi terjadi selama 365,256 hari atau satu tahun surya. Bumi berevolusi dengan kemiringan 23,5 derajat terhadap bidang ekliptika.

Revolusi bumi bukanlah gerakan yang sia-sia. Revolusi bumi berdampak pada berbagai aspek kehidupan di bumi, berikut penjelasannya:

Perbedaan lama waktu siang dan malam

Belahan bumi utara dan selatan menerima sinar matahari secara bergantian, sehingga mengalami siang dan malam yang berbeda-beda. Pada tanggal tertentu, beberapa daerah dekat kutub mengalami siang atau malam selama 24 jam. Hal ini disebabkan oleh kemiringan bumi yang menyebabkan belahan bumi utara dan selatan mendapatkan intensitas sinar matahari yang berbeda-beda sepanjang tahun. 

Perbedaan lama waktu siang dan malam ini memengaruhi pola hidup dan aktivitas manusia di berbagai daerah. Misalnya, orang-orang di daerah kutub harus menyesuaikan diri dengan kondisi siang atau malam yang sangat panjang.

Selain itu, perbedaan lama waktu siang dan malam juga memengaruhi iklim dan cuaca di berbagai daerah. Misalnya, daerah yang mendapatkan sinar matahari lebih lama cenderung lebih panas dan kering daripada daerah yang mendapatkan sinar matahari lebih sedikit.

Perubahan musim

Kemiringan bumi menyebabkan belahan bumi utara dan selatan mendapatkan intensitas sinar matahari yang berbeda-beda sepanjang tahun. Hal ini mengakibatkan adanya empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. 

Perubahan musim ini memengaruhi siklus alam dan kehidupan makhluk hidup di bumi. Misalnya, perubahan musim memengaruhi pertumbuhan tanaman, migrasi hewan, reproduksi makhluk hidup, dan lain-lain.

Selain itu, perubahan musim juga memengaruhi kegiatan manusia di berbagai bidang. Misalnya, perubahan musim memengaruhi pertanian, pariwisata, transportasi, kesehatan, dan lain-lain.

Gerak semu tahunan matahari

Karena revolusi bumi, matahari tampak bergerak dari timur ke barat sepanjang tahun. Matahari juga tampak bergeser dari utara ke selatan atau sebaliknya sepanjang tahun. 

Gerak semu tahunan matahari ini memengaruhi penentuan arah kiblat bagi umat Islam di berbagai daerah. Karena posisi matahari tidak tetap sepanjang tahun, maka arah kiblat juga tidak tetap sepanjang tahun. Oleh karena itu, umat Islam harus menyesuaikan arah kiblat mereka dengan menggunakan alat-alat seperti kompas atau aplikasi khusus.

Selain itu, gerak semu tahunan matahari juga memengaruhi penentuan waktu sholat bagi umat Islam di berbagai daerah. Karena posisi matahari tidak tetap sepanjang tahun, maka waktu sholat juga tidak tetap sepanjang tahun. Oleh karena itu, umat Islam harus menyesuaikan waktu sholat mereka dengan menggunakan alat-alat seperti jam atau kalender khusus.

Perubahan penampakan rasi bintang

Karena revolusi bumi, kita hanya dapat melihat rasi bintang yang berada di seberang matahari dari posisi kita. Hal ini menyebabkan rasi bintang yang tampak di langit berubah-ubah sepanjang tahun. 

Perubahan penampakan rasi bintang ini memengaruhi pengetahuan dan kepercayaan manusia tentang benda-benda langit. Misalnya, perubahan penampakan rasi bintang memengaruhi ilmu astronomi, astrologi, navigasi, dan lain-lain.

Selain itu, perubahan penampakan rasi bintang juga memengaruhi budaya dan tradisi manusia di berbagai daerah. Misalnya, perubahan penampakan rasi bintang memengaruhi mitologi, legenda, ritual, dan lain-lain.

Tahun kabisat

Karena revolusi bumi tidak tepat 365 hari, maka setiap empat tahun sekali ada satu hari tambahan pada bulan Februari. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kalender masehi dengan siklus revolusi bumi. 

Tahun kabisat ini memengaruhi sistem penanggalan dan perhitungan waktu yang digunakan oleh manusia di berbagai daerah. Misalnya, tahun kabisat memengaruhi perhitungan usia, ulang tahun, hari libur, dan lain-lain.

Selain itu, tahun kabisat juga memengaruhi kejadian-kejadian penting yang terjadi di dunia. Misalnya, tahun kabisat memengaruhi pemilihan presiden, olimpiade, piala dunia, dan lain-lain.