Mengenal Teks Biografi: Pengertian, Struktur dan Contohnya

Mengenal Text Biografi: Pengertian, Struktur dan Contohnya - RA Kartini
freepik.com

Teks Biografi – Apakah babaturan suka membaca atau mendengar kisah hidup orang-orang yang terkenal atau berpengaruh? Misalnya, kisah hidup R.A. Kartini, Ir. Soekarno, atau tokoh-tokoh lainnya. Jika ya, maka Anda sudah pernah berinteraksi dengan teks biografi.

Teks biografi adalah teks yang menceritakan riwayat hidup seorang tokoh, yang biasanya memiliki prestasi atau pencapaian istimewa.

Teks biografi memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Memberikan informasi tentang kehidupan dan karya seorang tokoh.
  • Memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca atau pendengar.
  • Memberikan teladan dan nilai-nilai positif dari tokoh tersebut.
  • Meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang sejarah dan budaya.

Namun, bagaimana cara membuat teks biografi yang baik dan menarik? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Memilih tokoh yang sesuai dengan tujuan dan sasaran penulisan.
  • Mengumpulkan data atau fakta tentang kehidupan tokoh dari berbagai sumber yang valid.
  • Menyusun data atau fakta tersebut menjadi sebuah alur cerita yang kronologis dan koheren.
  • Menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan jenis dan karakteristik teks biografi.

Selain itu, kita juga perlu memahami struktur teks biografi, yaitu:

  • Orientasi (pendahuluan), yaitu bagian yang memperkenalkan tokoh yang akan dibahas, seperti nama, asal, latar belakang, dan hal-hal penting lainnya.
  • Peristiwa dan masalah (isi), yaitu bagian yang menjelaskan secara detail tentang kehidupan tokoh, seperti pendidikan, karier, prestasi, kontribusi, konflik, dan hal-hal menarik lainnya.
  • Reorientasi (penutup), yaitu bagian yang merangkum keseluruhan teks biografi dan memberikan kesimpulan atau pesan moral dari kisah hidup tokoh.

Berikut ini adalah contoh teks biografi singkat tentang tokoh R.A. Kartini:

R.A. Kartini: Pahlawan Perempuan yang Berjuang untuk Pendidikan

Raden Ajeng Kartini adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang dikenal sebagai pejuang emansipasi wanita. Ia lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Ia adalah putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang bupati di bawah pemerintahan kolonial Belanda.

Kartini memiliki minat yang besar terhadap pendidikan. Ia belajar membaca dan menulis bahasa Belanda dari guru-guru Eropa yang datang ke rumahnya. Ia juga gemar membaca buku-buku tentang ilmu pengetahuan, sastra, filsafat, dan sosial. Namun, ketika ia berusia 12 tahun, ia harus menghentikan sekolahnya karena adat yang berlaku saat itu. Ia harus mengikuti pingitan, yaitu masa menjelang perkawinan di mana seorang gadis harus tinggal di rumah dan tidak boleh keluar.

Meskipun demikian, Kartini tidak menyerah dengan nasibnya. Ia tetap belajar secara otodidak dengan membaca buku-buku dan berkorespondensi dengan teman-temannya di Eropa. Ia juga aktif menulis surat-surat yang mengungkapkan pemikiran dan cita-citanya tentang kondisi bangsa Indonesia pada masa itu. Salah satu cita-citanya adalah mendirikan sekolah untuk anak-anak perempuan pribumi agar mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Pada tahun 1903, Kartini menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat, seorang bupati di Rembang. Ia mendapat izin dari suaminya untuk mewujudkan cita-citanya mendirikan sekolah. Pada tanggal 16 September 1903, Kartini berhasil membuka sekolah wanita pertama di Indonesia di halaman belakang kantor kabupaten Rembang. Sekolah ini memberikan pelajaran dasar seperti membaca, menulis, berhitung, menjahit, dan memasak.

Sayangnya, kebahagiaan Kartini tidak berlangsung lama. Ia meninggal dunia pada tanggal 17 September 1904 karena komplikasi setelah melahirkan anak pertamanya. Meskipun begitu, semangat dan perjuangannya tidak sia-sia. Ia telah menjadi inspirasi bagi banyak wanita Indonesia untuk berani menuntut hak-hak mereka, terutama dalam bidang pendidikan. Ia juga telah memberikan sumbangsih yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Demikianlah teks biografi singkat tentang R.A. Kartini. Semoga teks ini dapat memberikan Anda gambaran tentang kehidupan dan karya salah satu pahlawan perempuan Indonesia.