Apa yang Dimaksud dengan Pola Lantai ? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Contohnya!

Pola Lantai
ilustrasi pola lantai/youtube.com

Pola lantai adalah susunan atau rancangan gerakan yang dilakukan oleh penari atau peserta senam di atas lantai. Pola lantai dapat berupa garis lurus, lengkung, zig-zag, spiral, diagonal, atau kombinasi dari beberapa bentuk tersebut.

Pola lantai memiliki fungsi untuk menambah keindahan, variasi, dan ekspresi dalam sebuah pertunjukan seni atau olahraga. Pola lantai juga dapat mencerminkan tema, suasana, atau makna yang ingin disampaikan oleh kreator atau pelaku.

Jenis-jenis pola lantai

Jenis-jenis pola lantai dapat dibedakan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain:

Berdasarkan jumlah pelaku

Pola lantai dapat dibagi menjadi pola lantai tunggal, berpasangan, atau kelompok.

Pola lantai tunggal adalah pola lantai yang dibuat oleh satu orang pelaku, seperti dalam senam artistik atau tari solo.

Pola lantai berpasangan adalah pola lantai yang dibuat oleh dua orang pelaku yang saling berinteraksi, seperti dalam tari duet atau senam ritmik.

Pola lantai kelompok adalah pola lantai yang dibuat oleh tiga orang atau lebih pelaku yang membentuk formasi tertentu, seperti dalam tari massal atau senam aerobik.

Berdasarkan bentuknya

Pola lantai dapat dibagi menjadi pola lantai geometris atau non-geometris.

Pola lantai geometris adalah pola lantai yang mengikuti bentuk-bentuk geometri, seperti lingkaran, segitiga, persegi, atau bintang.

Pola lantai non-geometris adalah pola lantai yang tidak mengikuti bentuk-bentuk geometri, tetapi lebih bebas dan fleksibel, seperti huruf, angka, atau simbol.

Berdasarkan arahnya

Pola lantai dapat dibagi menjadi pola lantai horizontal, vertikal, atau diagonal.

Pola lantai horizontal adalah pola lantai yang bergerak sejajar dengan lantai, seperti meluncur, merayap, atau berguling.

Pola lantai vertikal adalah pola lantai yang bergerak tegak lurus dengan lantai, seperti melompat, berdiri, atau jatuh.

Pola lantai diagonal adalah pola lantai yang bergerak membentuk sudut dengan lantai, seperti miring, condong, atau memutar.

Contoh-contoh pola lantai

Contoh-contoh pola lantai dalam seni dan olahraga adalah sebagai berikut:

  • Dalam tari Bali, pola lantai yang sering digunakan adalah pola lantai spiral yang melambangkan perjalanan hidup manusia dari lahir hingga mati. Pola lantai spiral juga menciptakan kesan dinamis, harmonis, dan estetis dalam tarian.
  • Dalam senam lantai, pola lantai yang sering digunakan adalah pola lantai diagonal yang memanfaatkan ruang lantai secara maksimal. Pola lantai diagonal juga menunjukkan kemampuan gerak yang bervariasi, seperti putar, balik, atau salto.
  • Dalam tari Saman, pola lantai yang sering digunakan adalah pola lantai garis lurus yang membentuk barisan panjang. Pola lantai garis lurus juga menimbulkan kesan kompak, serempak, dan rapi dalam tarian.