Perwujudan Prinsip Kesatuan Dalam Konteks Kehidupan Sosial

Perwujudan Prinsip Kesatuan Dalam Konteks Kehidupan Sosial
freepik.com/indoapr95

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Berbagai suku, agama, ras, dan budaya hidup berdampingan di bumi pertiwi ini. Namun, keberagaman itu juga bisa menjadi sumber konflik dan perpecahan jika tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, kita perlu memelihara kesatuan dan persatuan sebagai bangsa.

Kesatuan dan persatuan adalah proses bersatunya kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan yang utuh dan harmonis. Kesatuan dan persatuan memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme.
  • Menciptakan suasana damai dan kondusif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Mendorong kerjasama dan gotong royong dalam menyelesaikan masalah bersama.
  • Membangun kekuatan dan daya saing bangsa di kancah internasional.

Namun, bagaimana cara mewujudkan kesatuan dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari? Salah satu caranya adalah dengan menerapkan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial. Prinsip kesatuan adalah sikap dan perilaku yang menunjukkan rasa saling menghormati, menghargai, dan toleransi terhadap perbedaan yang ada.

Berikut ini adalah beberapa contoh perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial:

  • Tidak membeda-bedakan atau mendiskriminasi orang lain berdasarkan suku, agama, ras, atau budaya.
  • Bersikap simpati dan empati terhadap orang yang membutuhkan bantuan atau mengalami kesulitan.
  • Bermusyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi bersama.
  • Taat dan patuh terhadap norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat.
  • Menjaga kerukunan dan kedamaian dengan tidak melakukan tindakan yang merugikan atau mengganggu orang lain.

Untuk mendukung pemahaman teman-teman tentang kesatuan dan persatuan, berikut ini adalah beberapa referensi menurut para ahli:

  • Menurut Syarbaini (2010: 43) yang menyatakan bahwa “Persatuan mengandung arti dari bersatunya banyak corak yang beraneka ragam yang akan menjadi satu kebulatan yang utuh serta sangat serasi”. Kesatuan adalah bentuk ke–Esaan, sifat tunggal atau bentuk keseutuhan yang dikemukaan oleh WJS.Poerwadarminta, (2003: 30).
  • Menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 176) Konsep kesatuan yang kita anut terbagi menjadi dua aspek, yakni aspek alamiah (konsep kewilayahan) dan aspek sosial yang meliputi bidang politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan dan keamanan.
  • Menurut Yulia Djahir dalam buku Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila (2019), bangsa Indonesia harus memupuk persatuan dan kesatuan di antara warga masyarakat. Salah satu caranya dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, maupun golongan. Sebaliknya, masyarakat harus bersatu dan bekerja sama untuk meraih cita-cita bangsa Indonesia.

Semoga artikel ini dapat memberikan teman-teman wawasan dan motivasi dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Ingatlah bahwa kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air.