Resep Sop Ayam Pak Min, Sederhana dan Sangat Mudah Dibuat!

Resep Sop Ayam Pak Min, Sederhana dan Sangat Mudah Dibuat!
instagram.com/nindriany17

Resep Sop Ayam Pak Min – Siapa yang bisa menolak kenikmatan sepiring sop ayam yang lezat? Jika babaturan sedang mencari hidangan yang luar biasa di Jawa Tengah, tidak ada salahnya mencoba sop ayam dari Pak Min Klaten. Warung makan ini menjadi populer berkat kelezatan sop ayamnya yang menggugah selera.

Rahasia dari kesuksesan sop ayam Pak Min Klaten adalah bahan-bahannya yang sederhana namun mampu menyajikan cita rasa yang memukau. Hanya menggunakan ayam, bawang putih, jahe, dan daun bawang, namun rasanya sungguh nikmat dan memikat hati siapa pun yang mencobanya.

Sop ayam Pak Min Klaten biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkap yang tak kalah lezat. Babaturan juga dapat menambahkan irisan tomat dan cabai rawit untuk memberikan rasa pedas yang khas.

Jangan lupa mencicipi sop ayam Pak Min Klaten ketika babaturan berkunjung ke Klaten. Selain sop ayam, warung makan Pak Min Klaten juga menyediakan hidangan lain seperti nasi goreng, sate, dan pecel yang pastinya akan memanjakan lidah babaturan.

Bagi babaturan yang ingin mencoba sensasi nikmat dari Sop Ayam Pak Min Klaten, babaturan tidak perlu ke Klaten untuk menikmatinya. babaturan dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep sop ayam pak min sederhana ala Resep Dahareun. Nikmati sensasi lezat dari kuliner khas Jawa Tengah ini bersama keluarga!

Resep Sop Ayam Pak Min, Sangat Mudah Dibuat!

Resep Sop Ayam Pak Min, Sederhana dan Sangat Mudah Dibuat!
instagram.com/nindriany17

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan sop ayam Pak Min Klaten di rumah! Dengan bahan-bahan yang sederhana namun menghasilkan rasa yang lezat, hidangan ini pasti akan memanjakan lidah babaturan dan keluarga. Segera ikuti resep sop ayam pak min ini dan buatlah hari babaturan lebih istimewa dengan sop ayam Pak Min Klaten yang menggugah selera. Selamat mencoba!

Waktu Persiapan:
Memotong bahan-bahan (ayam, wortel, buncis, daun bawang, seledri, jahe): 15 menit
Menumbuk bumbu halus: 10 menit

Waktu Masak:
Merebus ayam dan bumbu-bumbu: 30-45 menit
Memasak wortel dan buncis: 10-15 menit
Mengatur rasa: 5-10 menit

Total Waktu:
Waktu persiapan: 25 menit
Waktu masak: 45-70 menit
Total waktu: 70-95 menit

Bahan Untuk Membuat Sop Ayam Pak Min:

Bahan Utama:

  • 1/2 kg ayam
  • 2 buah wortel, potong bulat
  • 14 buah buncis, potong
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • 2 batang serai
  • 1 ruas jahe
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • Secukupnya bawang goreng (pelengkap)
  • 1 sdt gula
  • Sesuai selera garam
  • Sesuai selera lada bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1,5 liter air

Bumbu halus

  • 6 siung bawang putih
  • 1/4 buah pala

Alat Yang Dibutuhkan:

  1. Panci atau wajan
  2. Kompor
  3. Alat pengaduk
  4. Pisau
  5. Talenan
  6. Cobek atau blender
  7. Saringan

Cara Membuat Sop Ayam Pak Min:

  1. Pertama, rebus ayam dalam air mendidih hingga matang. Setelah itu, buang air rebusan pertama dan rebus ayam kembali dengan air mendidih bersama dengan serai, jahe, daun salam, dan daun jeruk.
  2. Sambil menunggu ayam direbus, tumis bumbu halus menggunakan sedikit minyak hingga harum, lalu masukkan ke dalam rebusan ayam. Biarkan bumbu-bumbu tersebut meresap ke dalam ayam agar sup ayam memiliki cita rasa yang kaya dan lezat.
  3. Setelah ayam matang, keluarkan ayam dari rebusan dan suwir-suwir. Pisahkan ayam dan kaldu dalam wadah terpisah. Kemudian, saring kaldu ayam yang telah direbus dengan bumbu-bumbu tersebut dan sisihkan.
  4. Masukkan wortel yang telah dipotong bulat ke dalam kaldu ayam, dan tunggu hingga agak empuk. Setelah itu, masukkan buncis yang juga telah dipotong dan tunggu hingga buncis menjadi agak empuk.
  5. Masukkan suwiran ayam ke dalam kaldu dan aduk hingga rata. Kemudian, masukkan daun bawang, gula, garam, lada, dan kaldu bubuk ke dalam kaldu ayam. Pastikan untuk mencicipi dan memperbaiki rasa sup ayam sesuai dengan selera Anda.
  6. Terakhir, masukkan daun seledri sesaat sebelum kompor dimatikan agar sop ayam pak min memiliki aroma yang segar dan tampilan yang lebih menarik.
  7. Sop ayam pak min siap untuk disajikan!

Tips, jangan lupa tambahkan bawang goreng sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa dan kelezatan sup ayam. Selamat mencoba!