Resep Biji Ketapang, Camilan Renyah dan Empuk yang Kaya Nutrisi!

Resep Biji Ketapang, Camilan Renyah dan Empuk!
instagram.com/baw_ambar

Resep Biji Ketapang – Siapa yang tidak mengenal biji ketapang? Camilan tradisional Indonesia yang memikat selera ini selalu menjadi pilihan tepat bagi yang ingin menikmati gurih dan manis dalam satu suapan. Biji ketapang terbuat dari tepung ketan dan gula kelapa yang diolah hingga menjadi biji-biji kecil yang renyah dan lezat. Tidak heran jika camilan satu ini menjadi favorit di seluruh negeri.

Dibalik kenikmatannya, biji ketapang juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tepung ketan yang menjadi bahan dasar biji ketapang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang tahan lama. Gula kelapa yang digunakan sebagai pemanis alami juga menyimpan khasiat vitamin dan mineral penting, seperti zat besi, kalsium, dan kalium.

Tidak hanya kaya nutrisi, biji ketapang juga sangat cocok untuk teman minum teh atau kopi. Dengan rasa yang manis dan renyah, biji ketapang bisa menemani kopi atau teh dan membuat babaturan merasa lebih santai dan nyaman.

Namun, babaturan tidak perlu repot untuk membeli biji ketapang di toko-toko makanan atau pasar tradisional, karena biji ketapang juga bisa dibuat di rumah dengan mudah. Hanya dengan mengikuti resep biji ketapang ala Resep Dahareun ini, dijamin anti gagal. Nikmati biji ketapang yang babaturan buat sendiri bersama keluarga atau teman-teman babaturan.

Resep Biji Ketapang, Camilan Renyah dan Empuk yang Kaya Nutrisi!

Resep Biji Ketapang, Camilan Renyah dan Empuk!
instagram.com/sri_h.raharjo

Yuk, coba buat biji ketapang sendiri di rumah dengan resep yang mudah dan praktis! Rasakan sensasi renyahnya biji ketapang yang manis dan bergizi ini, dan nikmati bersama teh atau kopi favoritmu. Tidak hanya lezat, biji ketapang juga kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep biji ketapang ini dan dapatkan pengalaman membuat camilan tradisional Indonesia yang tak terlupakan!

Waktu persiapan:
Menyiapkan bahan-bahan: 10-15 menit
Membuat adonan: 15-20 menit
Memotong adonan: 10-15 menit

Waktu masak:
Menggoreng biji ketapang: 15-20 menit

Total waktu keseluruhan:
Waktu persiapan: 35-50 menit
Waktu masak: 15-20 menit
Total waktu: 50-70 menit

Bahan Untuk Membuat Biji Ketapang:

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 60 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • 50 gr margarin, tidak dilelehkan
  • 100 gr kelapa parut, sangrai
  • 40 ml santan kental
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam

Alat yang dibutuhkan:

  • Wadah untuk mencampur bahan
  • Whisk atau mixer
  • Blender atau penggiling kelapa
  • Loyang atau wadah untuk membentuk adonan
  • Pisau

Cara Membuat Biji Ketapang:

  1. Pertama-tama, siapkan kelapa parut yang sudah dicuci dan tiriskan. Panggang kelapa dengan api kecil hingga kering dan berwarna kecoklatan. Jangan sampai kelapa terlalu gosong, karena dapat memengaruhi rasa biji ketapang. Setelah kelapa dingin, haluskan dengan blender atau penggiling, sisihkan.
  2. Dalam wadah, campur gula, telur, dan garam. Kocok bahan-bahan tersebut dengan whisk atau mixer hingga tercampur rata. Tambahkan margarin dan santan kental ke dalam wadah, kemudian kocok kembali hingga tercampur sempurna.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, dan kelapa sangrai yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Uleni adonan hingga tercampur rata dan bisa dipulung.
  4. Ambil sebagian adonan dan bentuk adonan menjadi bulat. Lalu, gilas adonan memanjang menyerupai sosis. Potong adonan serong menjadi ukuran yang diinginkan. Taburi adonan dengan sedikit tepung supaya tidak lengket.
  5. Panaskan minyak di dalam wajan dengan api sedang. Goreng adonan hingga matang kecoklatan sambil diaduk agar tidak gosong. Angkat adonan, tiriskan, dan biarkan dingin.
  6. Setelah dingin, masukkan biji ketapang ke dalam toples atau wadah, dan simpan di tempat yang kering dan tertutup.
  7. Biji ketapang sudah siap untuk disajikan!

Biji ketapang adalah camilan yang menggugah selera dan kaya nutrisi. Menikmati biji ketapang bersama teh atau kopi akan membuat waktu santai babaturan semakin menyenangkan. Tidak hanya itu, membuat biji ketapang di rumah juga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat biji ketapang sendiri dan nikmati sensasi klasik camilan tradisional Indonesia yang tak terlupakan ini.