Resep Pisang Goreng, Renyah dan Crispy Setiap Gigitannya!

Resep Pisang Goreng, Renyah dan Crispy Setiap Gigitannya!
instagram.com/plasa.cake

Resep Pisang Goreng – Apakah babaturan pernah mencicipi pisang goreng? Camilan khas Indonesia yang satu ini sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Terbuat dari pisang yang digoreng dengan adonan tepung, pisang goreng sangat nikmat dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah, pisang goreng dapat ditemukan di mana saja dengan mudah.

Bukan hanya lezat, pisang goreng juga hadir dalam berbagai jenis tergantung pada bahan yang digunakan dan cara pengolahannya. Ada yang hanya dibalut dengan tepung, ada pula yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti keju atau cokelat. Selain itu, teksturnya pun bisa bervariasi, mulai dari yang renyah hingga yang lembut dan lezat.

Tidak hanya nikmat, membuat pisang goreng pun sangat mudah dan murah. Pisang yang sudah matang dipotong-potong dan dicelupkan ke dalam adonan tepung yang telah dicampur dengan bumbu-bumbu seperti gula dan garam. Kemudian, pisang digoreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.

Pisang goreng cocok disantap dalam berbagai suasana, baik saat bersantai di rumah maupun saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Biasanya, pisang goreng disajikan dengan tambahan saus seperti saus sambal atau saus cokelat yang memperkaya cita rasa.

Tidak hanya lezat, pisang goreng juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan serat dan potassium pada pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan jantung. Namun, karena pisang goreng digoreng dengan minyak yang tinggi, sebaiknya konsumsi dengan bijak.

Resep Pisang Goreng, Renyah dan Crispy Setiap Gigitannya!

Resep Pisang Goreng, Renyah dan Crispy Setiap Gigitannya!
instagram.com/caritauresep

Yuk, coba buat sendiri pisang goreng sederhana dengan resep pisang goreng yang mudah dan praktis! Dengan sedikit usaha, babaturan bisa menikmati camilan khas Indonesia yang lezat dan menggugah selera ini di rumahmu sendiri. Selain lebih sehat karena babaturan bisa mengontrol bahan dan minyak yang digunakan, rasanya pun tak kalah dengan pisang goreng yang dijual di tempat lain. Jangan ragu untuk mencoba resep pisang goreng ini dan rasakan kenikmatannya sendiri!

Waktu persiapan:
Memotong dan membuka kulit pisang: 10 menit
Mencampurkan bahan-bahan tepung: 10 menit
Mengaduk adonan tepung: 10 menit
Mendinginkan adonan di dalam kulkas: 30 menit

Waktu memasak:
Menyiapkan minyak goreng: 5 menit
Menggoreng pisang dalam satu batch: 5-10 menit

Total waktu yang dibutuhkan:
Persiapan: 60 menit
Memasak: 5-10 menit per batch
Total: sekitar 65-70 menit untuk membuat beberapa batch pisang goreng.

Bahan Untuk Membuat Pisang Goreng:

  • Pisang kepok, kupas kulitnya dan belah menjadi tiga bagian
  • 250 gram tepung beras
  • 150 gram tepung segitiga
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir (opsional)
  • 40 gram mentega
  • 400 ml air es
  • 4 butir es batu cetakan kecil

Alat yang dibutuhkan:

  • Wajan atau penggorengan
  • Spatula
  • Mangkuk besar
  • Sendok atau whisk
  • Saringan
  • Nampan atau talenan

Cara Membuat Pisang Goreng:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Larutkan tepung beras, tepung segitiga, garam, dan gula pasir (jika menggunakan) dalam air es. Aduk rata hingga adonan berbentuk pasta.
  2. Masukkan mentega ke dalam adonan pasta. Aduk rata hingga mentega tercampur sempurna.
  3. Tutup adonan dengan cling wrap dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit hingga adonan dingin.
  4. Setelah adonan dingin, masukkan es batu ke dalam adonan dan aduk-aduk hingga es batu larut dan suhu adonan tetap dingin.
  5. Ambil pisang yang telah dibelah tiga bagian, celupkan ke dalam adonan tepung dan pastikan seluruh permukaan pisang terbalut adonan tepung.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga cukup panas.
  7. Goreng pisang yang telah dibalut dengan adonan tepung di dalam minyak panas hingga berwarna keemasan.
  8. Angkat pisang goreng dan tiriskan dari minyak menggunakan saringan.
  9. Sajikan pisang goreng kipas selagi masih hangat. Pisang goreng kipas yang lezat dan kriuk siap untuk dinikmati!

Tips: Jika babaturan ingin menambahkan rasa manis pada pisang goreng, babaturan bisa menambahkan gula pasir ke dalam adonan tepung. Namun, jika babaturan lebih suka pisang goreng yang tidak terlalu manis, babaturan bisa mengurangi jumlah gula pasir atau bahkan menghilangkannya. Selain itu, pastikan suhu adonan tetap dingin dengan menambahkan es batu ke dalam adonan agar pisang goreng yang dihasilkan lebih kriuk dan renyah.