Resep Donat Empuk dan Mengembang, Camilan Praktis yang Bikin Nagih

Resep Donat Empuk dan Mengembang, Camilan Praktis yang Bikin Nagih
ilustrasi donat empuk/freepik.com

Donat adalah salah satu camilan yang disukai oleh banyak orang. Bentuknya yang bulat dengan lubang di tengahnya membuatnya mudah untuk dimakan dan dibawa kemana-mana. Donat juga memiliki berbagai macam rasa dan topping, mulai dari yang manis, asin, hingga pedas. Tidak heran jika donat selalu laris manis di pasaran.

Namun, tahukah babaturan bahwa bisa membuat donat sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan praktis? Babaturan tidak perlu membeli bahan-bahan mahal atau alat-alat khusus untuk membuat donat empuk dan mengembang.

Babaturan hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dasar seperti tepung terigu, ragi, telur, mentega, susu, gula, garam, dan baking powder. Dengan bahan-bahan ini, babaturan bisa membuat donat original yang lezat dan gurih.

Selain itu, babaturan juga bisa berkreasi dengan topping donat sesuai dengan selera. Babaturan bisa menaburi donat dengan gula halus, keju parut, cokelat leleh, selai, atau apa pun yang babaturan suka. Babaturan juga bisa mencampurkan bahan-bahan lain ke dalam adonan donat, seperti kentang, pisang, keju, cokelat, atau kacang. Dengan begitu, babaturan bisa membuat donat dengan rasa dan tekstur yang berbeda-beda.

Membuat donat di rumah juga memiliki banyak keuntungan. Selain lebih hemat biaya, babaturan juga bisa mengontrol kualitas dan kebersihan bahan-bahan yang digunakan. Babaturan juga bisa menyesuaikan ukuran dan jumlah donat sesuai dengan kebutuhan babaturan. Selain itu, babaturan juga bisa menikmati donat yang masih hangat dan segar langsung dari penggorengan.

Nah, bagaimana? Apakah babaturan tertarik untuk mencoba membuat donat di rumah? Jika ya, mari simak resep dan cara membuat donat empuk dan mengembang berikut ini.

Resep Donat Empuk dan Mengembang, Camilan Praktis yang Bikin Nagih

Waktu Persiapan: 15 menit 
Waktu Memasak: 30 menit 
Total Waktu: 45 menit

Bahan Untuk Membuat Donat Empuk

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 11 gram atau 1 bungkus ragi instan
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 kuning telur
  • 100 gram mentega
  • 250 ml susu cair
  • Minyak goreng secukupnya

Alat Untuk Membuat Donat Empuk

  • Wadah besar
  • Mixer atau spatula kayu
  • Kain bersih
  • Cetakan donat atau gelas dan tutup botol
  • Wajan atau panci
  • Saringan atau kertas dapur

Cara Untuk Membuat Donat Empuk

  1. Campurkan air hangat dan ragi kering dalam wadah, biarkan selama 5 menit atau sampai berbusa.
  2. Dalam wadah mixer, masukkan campuran ragi, susu, gula, garam, telur shortening , dan 2 cup tepung. Nyalakan mixer , aduk rata pada kecepatan rendah. Bisa juga diaduk pakai spatula kayu.
  3. Tambahkan sisa tepung secara bertahap sambil terus mengaduk hingga adonan terbentuk. Tambahkan mentega , uleni lagi dengan gerakan memutar , sesekali banting adonan . Lakukan hingga adonan licin dan kalis , kurang lebih 15 menit.
  4. Bulatkan adonan , taruh dalam wadah , tutup dengan kain bersih . Diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  5. Kempiskan adonan lalu uleni kembali adonan . Ambil adonan sekitar 40 g , bulatkan seperti bola . Ulangi proses serupa hingga adonan habis.
  6. Tutup adonan donat dengan kain dan biarkan selama 30 menit hingga mengembang.
  7. Lubangi masing-masing adonan dengan cetakan donat atau gelas dan tutup botol.
  8. Goreng donat dalam minyak panas menggunakan api kecil-sedang . Goreng satu bagian hingga menguning , lalu balik hingga semua bagian berwarna kuning keemasan. Angkat , tiriskan dan tunggu hingga dingin.
  9. Hias donat dengan topping sesuai selera . Anda bisa menaburi donat dengan gula halus , keju parut , cokelat leleh , selai , atau apa pun yang Anda suka.

Selamat, babaturan telah berhasil membuat donat empuk dan mengembang di rumah. Babaturan bisa menyajikan donat sebagai camilan untuk keluarga, teman, atau diri sendiri. Donat juga cocok untuk dijadikan menu sarapan, bekal sekolah, atau kudapan sore. Donat yang tidak habis bisa disimpan di dalam wadah kedap udara dan dipanaskan kembali saat ingin dimakan.