Resep Kue Kacang, Lezatnya Sensasi Kacang dalam Setiap Gigitannya

Resep Kue Kacang, Lezatnya Sensasi Kacang dalam Setiap Gigitannya
instagram.com/dapurnone

Resep Kue Kacang – Tak dapat disangkal, kue kacang adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang begitu lezat dan menggugah selera. Sensasi kacang yang khas dan renyah, bercampur dengan aroma manis gula pasir, membuat kue ini menjadi favorit di berbagai kesempatan.

Bukan hanya rasa yang membuat Kue kacang begitu menarik, proses pembuatannya pun begitu sederhana. Dari kacang tanah yang dihaluskan hingga campuran adonan yang aduhai. Setelah dipanggang, kue kacang akan memiliki tekstur yang renyah di luar, namun lembut di dalamnya.

Tak heran, kue kacang menjadi salah satu pilihan camilan atau oleh-oleh khas daerah. Ada kue kacang Garut yang terkenal dengan tekstur yang super renyah, kue kacang Palembang dengan rasa legit yang khas, dan kue kacang Medan yang dikenal dengan adonan yang lebih empuk.

Namun, kue kacang tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. Kacang tanah sebagai bahan utamanya mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Dalam setiap gigitannya, kue kacang juga memberikan manfaat protein yang tinggi untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beragam varian rasa yang tersedia, seperti kue kacang coklat, keju, atau pandan. Selain menambah variasi rasa, tambahan rasa ini akan semakin memanjakan lidah babaturan dengan sensasi kacang yang khas.

Babaturan bisa mencoba membuat kue kacang sendiri di rumah lho. Kue kacang ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga di saat hari raya perayaan – perayaan besar seperti Lebaran ataupun natal. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Resep Kue kacang yang lezat dan mudah dibuat ini.

Resep Kue Kacang, Lezatnya Sensasi Kacang dalam Setiap Gigitannya

Resep Kue Kacang, Lezatnya Sensasi Kacang dalam Setiap Gigitannya
instagram.com/nindriany17

Yuk, coba buat resep kue kacang sendiri di rumah dan nikmati sensasi lezatnya! Dengan bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, siapa pun bisa menciptakan kue kacang yang renyah dan enak. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi camilan khas Indonesia yang satu ini!

Waktu persiapan:
Mempersiapkan bahan: 15 menit
Mengolah bahan: 15 menit

Waktu pembuatan:
Menyusun adonan kue: 10 menit
Mencetak adonan kue: 10 menit
Mengoleskan campuran telur dan susu: 5 menit
Menaburi kue dengan wijen: 5 menit

Waktu panggang:
Memanaskan oven: 10 menit
Memanggang kue: 30 menit

Total keseluruhan waktu: sekitar 100 menit atau 1 jam 40 menit.

Bahan Untuk Membuat Kue Kacang

Bahan-bahan:

  • 250 gram kacang tanah oven
  • 350 gram tepung terigu
  • 27 gram susu bubuk
  • 175 gram gula halus, ayak
  • 200 ml minyak goreng

Bahan Olesan:

  • 2 kuning telur
  • 1/4 sdt susu kental manis
  • Wijen secukupnya untuk taburan

Alat yang dibutuhkan:

  • Blender
  • Loyang atau wadah untuk memanggang
  • Oven

Cara Untuk Membuat Kue Kacang:

  1. Haluskan 250 gram kacang tanah oven dengan menggunakan blender. Jika blender tidak tersedia, Babaturan dapat menghaluskan kacang dengan cara dipukul menggunakan ulekan atau blender tangan.
  2. Campurkan kacang tanah halus, 350 gram tepung terigu, 27 gram susu bubuk, dan 175 gram gula halus yang telah diayak dalam satu wadah.
  3. Masukkan 200 ml minyak goreng sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung dan aduk hingga benar-benar rata. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.
  4. Setelah adonan tercampur rata, gilas adonan hingga rata dengan menggunakan rolling pin. Jangan terlalu tipis atau terlalu tebal.
  5. Cetak adonan dengan menggunakan cookies cutter dengan bentuk yang diinginkan. Tata adonan kue dalam loyang atau wadah yang telah diolesi dengan margarin atau mentega.
  6. Campurkan 2 kuning telur dengan 1/4 sdt susu kental manis dan oleskan campuran tersebut di atas adonan kue yang telah dicetak. Hal ini akan membuat kue terlihat lebih coklat saat dipanggang.
  7. Taburi kue dengan wijen secukupnya untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih nikmat.
  8. Panaskan oven dengan suhu 150C dan panggang adonan kue selama sekitar 30 menit atau sampai matang.
  9. Setelah matang, angkat kue dan dinginkan sejenak sebelum disajikan.
  10. Kue kacang sudah siap untuk dinikmati, selamat menikmati!

Dalam kesederhanaannya, kue kacang memang menawarkan pengalaman rasa yang begitu menggugah selera. Menjadikan kue kacang sebagai sajian camilan atau oleh-oleh khas daerah Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk menikmati cita rasa Indonesia yang begitu kaya dan beragam.