Resep Kue Kastengel, Camilan dengan Kelezatan Gurih dan Renyah

Resep Kue Kastengel, Camilan dengan Kelezatan Gurih dan Renyah
instagram.com/resepmudahkue

Resep Kue Kastengel – Siapa yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini? Terkenal dengan bentuk yang unik dan rasa gurih yang memanjakan lidah, kue kastengel menjadi salah satu camilan favorit banyak orang di Indonesia, terutama pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Tak hanya itu, kue kastengel juga kerap dijadikan oleh-oleh atau hantaran dalam acara pernikahan dan perayaan lainnya.

Misteri sejarah asal-usul Kue kastengel memang masih menjadi tanda tanya hingga kini. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa kue kastengel berasal dari Belanda yang kemudian diperkenalkan di Indonesia pada masa penjajahan. Nama kastengel sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu kaasstengels yang artinya adalah stik keju. Bentuk kue ini yang mirip stik keju membuatnya diberi nama kastengel.

Kue kastengel terbuat dari campuran tepung terigu, keju, mentega, dan telur yang kemudian diaduk hingga rata dan dibentuk menjadi stik kecil. Kue ini lalu dipanggang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Proses pemanggangan inilah yang memberikan tekstur renyah dan garing yang tak terlupakan pada kue kastengel.

Tak hanya memiliki bentuk yang unik, kue kastengel juga menawarkan rasa gurih yang khas dan sedikit pedas dengan tambahan paprika bubuk. Kue ini cocok disajikan sebagai camilan atau snack, menemani secangkir teh atau kopi. Bahkan, kue kastengel seringkali menjadi oleh-oleh atau hantaran dalam acara pernikahan atau perayaan lainnya.

Kue kastengel juga memiliki banyak variasi rasa dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Beberapa variasi rasa yang populer di antaranya adalah kastengel keju, kastengel coklat, kastengel pandan, dan kastengel keju parut. Ditambah lagi, kue kastengel seringkali dihias dengan berbagai topping seperti wijen atau kacang almond untuk menambahkan rasa dan tekstur yang lebih variatif.

Apakah babaturan tertarik mencoba membuat kue kastengel sendiri di rumah? Tidak perlu khawatir, Resep Kue kastengel sebenarnya sangat mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan oleh pemula dalam memasak. Yuk simak resep kue kastengel berikut ini !

Resep Kue Kastengel, Camilan dengan Kelezatan Gurih dan Renyah

Resep Kue Kastengel, Camilan dengan Kelezatan Gurih dan Renyah
instagram.com/greatofgesty

Yuk, mari kita coba membuat resep kue kastengel yang lezat dan gurih! Dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapat, kamu bisa mencoba membuat camilan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang ini. Ayo, mulailah petualangan memasakmu dengan membuat kastengel sendiri dan rasakan kelezatan gurihnya!

Bahan Untuk Membuat Kue Kastengel

Bahan:

  • 300 gr mentega tawar
  • 200 gr mentega asin
  • 6 butir kuning telur
  • 300 gr keju edam (saya merekomendasikan merek Ayam Emas)
  • 100 gr keju parmesan (saya merekomendasikan merek Kraft)
  • 650 gr tepung rendah protein (saya merekomendasikan merek Kotobuki)
  • 120 gr tepung maizena
  • 1,5 gr garam (atau sesuai selera)

Topping:

  • 500 gr keju cheddar (saya merekomendasikan merek Kraft)
  • 5 butir kuning telur untuk olesan

Alat Untuk Membuat Kue Kastengel:

  • Mixer
  • Cetakan kue kastengel
  • Loyang
  • Oven

Cara Untuk Membuat Kue Kastengel

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan dan alat yang diperlukan.
  2. Mixer mentega tawar, mentega asin, dan garam dengan kecepatan sedang menggunakan paddle mixer hingga lembut dan creamy.
  3. Campurkan tepung rendah protein dan tepung maizena, lalu masukkan ke dalam adonan mentega. Aduk rata hingga adonan tercampur sempurna.
  4. Masukkan kuning telur, aduk kembali hingga tercampur rata dengan adonan.
  5. Masukkan keju edam dan keju parmesan yang telah diparut, aduk kembali hingga tercampur sempurna dengan adonan.
  6. Taburi tepung di meja, giling adonan dengan ketebalan yang tidak terlalu tipis. Kemudian, cetak menggunakan cetakan kue kastengel atau potong secara manual.
  7. Oleskan permukaan kastengel dengan kuning telur dan taburi dengan keju cheddar sesuai selera.
  8. Susun kastengel pada loyang yang sudah dialasi dengan baking paper.
  9. Panggang kastengel di dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 19 menit atau hingga kastengel matang dan berwarna kekuningan.
  10. Setelah matang, angkat kastengel dari oven dan biarkan dingin.
  11. Kue kastengel siap disajikan untuk dinikmati!

Kue kastengel adalah camilan khas Indonesia yang tak hanya menarik perhatian dengan bentuknya yang unik, tetapi juga memikat lidah dengan kelezatan gurih dan renyahnya yang tak terlupakan. Meskipun awalnya berasal dari Belanda, kue kastengel telah menjadi simbol kelezatan Indonesia dan populer di seluruh negeri.