Resep Kue Kembang Goyang, Camilan Lebaran Yang Manis

Resep Kue Kembang Goyang, Camilan Lebaran Yang Manis
instagram.com/meilleafooddiary

Resep Kue Kembang Goyang – Kue kembang goyang adalah sebuah kue tradisional Indonesia yang unik dan memikat, tidak hanya terkenal dengan bentuknya yang indah, tetapi juga dengan rasa yang tak tertandingi. Terbuat dari bahan dasar seperti tepung terigu, santan, telur, dan gula, kue kembang goyang mempertahankan cita rasa klasik dan aromanya yang khas.

Dalam setiap perayaan seperti Lebaran, Kue kembang goyang kerap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup yang mempesona. Namun, tidak hanya itu, kue ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas yang populer di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Dengan cita rasa yang begitu khas dan teksturnya yang renyah dan empuk, kue kembang goyang terasa menyenangkan di lidah. Dan dengan variasi resep yang tak terbatas, kue ini pun dapat diolah menjadi beragam varian seperti kue kembang goyang coklat, kue kembang goyang keju, dan masih banyak lagi.

Tidak dapat dipungkiri, kue kembang goyang membutuhkan cetakan khusus dan bahan-bahan dasar yang mudah didapat di pasar atau supermarket. Namun, tidak ada yang lebih memuaskan daripada mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang sederhana namun memuaskan.

Oleh karena itu, bagi para penggemar kue tradisional Indonesia, kue kembang goyang adalah pilihan yang sempurna untuk diolah menjadi hidangan spesial di rumah. Jangan ragu untuk babaturan mencoba membuatnya sendiri dengan mencoba Resep Kue kembang goyang dan merasakan kenikmatan kue kembang goyang yang begitu unik dan tak terlupakan!

Resep Kue Kembang Goyang, Camilan Lebaran Yang Manis

Resep Kue Kembang Goyang, Camilan Lebaran Yang Manis
instagram.com/rika.kuswandari

Mari kita coba resep kue kembang goyang yang sederhana namun memikat ini di rumah! Rasakan kenikmatan cita rasa tradisional Indonesia dalam setiap gigitannya dan terpesona dengan bentuk kembang yang indah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba membuat kue kembang goyang sendiri dan mengagumi keindahan kuliner Indonesia yang unik.

Waktu persiapan:
Waktu persiapan sekitar 15-20 menit

Waktu pembuatan:
Waktu pembuatan satu batch kue kembang goyang sekitar 25-35 menit (termasuk pengadukan adonan dan mencetak kue)

Waktu penggorengan:
Waktu penggorengan satu batch kue kembang goyang sekitar 5-7 menit

Total Waktu:
Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue kembang goyang sekitar 45-60 menit (termasuk persiapan, pembuatan, dan penggorengan)

Bahan Untuk Membuat Kue Kembang Goyang:

  • 150 gr tepung terigu
  • 100 gr kanji
  • 50 gr tepung beras
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 butir telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 santan instant kemasan segitiga (kara, sasa, dll)
  • 300 – 320 ml air
  • 2 sdm muncung margarin dilelehkan
  • Secukupnya wijen hitam dan putih (boleh di skip)

Alat Yang Dibutuhkan:

  • Mangkuk besar
  • Sendok atau whisker
  • Mixer (opsional)
  • Cetakan kue kembang goyang
  • Wajan
  • Spatula
  • Kain atau tisu untuk menyerap minyak
  • Toples untuk menyimpan kue kembang goyang

Cara Membuat Kue Kembang Goyang:

  1. Campurkan tepung terigu, kanji, tepung beras, dan vanili dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata dengan menggunakan sendok atau whisker.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan garam dengan menggunakan whisker atau mixer hingga gula larut.
  3. Masukkan santan instant ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Tambahkan margarin cair dan aduk rata.
  4. Tambahkan campuran tepung sedikit demi sedikit bergantian dengan air sambil terus diaduk hingga adonan menjadi licin dan tidak ada yang bergerindil. Aduk rata.
  5. Tambahkan wijen hitam dan putih ke dalam adonan dan aduk rata. Wijen dapat di-skip jika tidak suka.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang cenderung kecil.
  7. Rendam cetakan kue goyang dalam minyak panas sampai cetakan cukup panas.
  8. Celupkan cetakan ke dalam adonan kue hingga setengah cetakan terendam.
  9. Masukkan cetakan ke dalam minyak panas dan diamkan sampai kue agak kokoh. Lalu, goyangkan cetakan supaya kue lepas dari cetakan.
  10. Goreng kue kembang goyang hingga berwarna kuning keemasan.
  11. Angkat kue dan tiriskan. Ulangi langkah 8-10 hingga adonan kue habis.
  12. Susun kue yang telah dingin dalam toples dan tutup rapat. Kue kembang goyang siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Itulah langkah-langkah untuk membuat kue kembang goyang yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Pastikan untuk mengikuti takaran bahan yang tepat dan teknik menggoreng yang benar agar kue kembang goyang dapat dihasilkan dengan sempurna. Selamat mencoba!