Resep Kue Lidah Kucing, Renyah Garing dan Anti Gagal!

Resep Kue Lidah Kucing, Renyah Garing dan Anti Gagal!
instagram.com/megas_kitchen97

Resep Kue Lidah Kucing – Renyah, tipis, dan sedap – itulah tiga kata yang mungkin menggambarkan kue lidah kucing yang sudah terkenal di Indonesia. Kue kering yang sederhana ini sering disajikan sebagai camilan atau oleh-oleh di saat perayaan besar seperti Lebaran dan Natal.

Kue lidah kucing bisa ditelusuri hingga Prancis pada abad ke-17, ketika seorang juru masak terkenal bernama François Massialot menciptakan Kue ini dan memberinya nama langues de chat atau “lidah kucing”. Dari Prancis, kue ini kemudian menyebar ke seluruh Eropa dan menjadi populer di era Victoria di Inggris. Akhirnya, kue lidah kucing juga diperkenalkan di Indonesia dan menjadi salah satu jenis kue kering yang disukai oleh masyarakat.

Tidak hanya lezat, kue lidah kucing juga sangat fleksibel dan bisa diadaptasi dengan berbagai rasa sesuai selera. Di Indonesia, kue lidah kucing biasanya disajikan dengan berbagai variasi rasa yang menggugah selera, seperti cokelat, keju, pandan, dan masih banyak lagi. Dalam hal variasi rasa, kue lidah kucing memang tidak pernah mengecewakan.

Variasi rasa kue lidah kucing yang paling populer di Indonesia mungkin adalah cokelat dan keju. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah membuat kue ini menjadi pilihan yang tepat untuk menemani minum teh atau kopi. Namun, bagi yang mencari pengalaman rasa yang berbeda, ada juga variasi rasa lain yang bisa dicoba, seperti pandan, matcha, stroberi, dan masih banyak lagi.

Kue lidah kucing memang sederhana, tetapi jangan salah – kue ini memiliki daya tarik yang cukup kuat. Dengan sejarah yang panjang dan variasi rasa yang menggoda selera, kue lidah kucing patut dinikmati sebagai bagian dari khasanah kuliner Indonesia.

Cobalah membuatnya sendiri dengan Resep Kue lidah kucing yang sudah disediakan oleh resep dahareun, dan nikmatilah sensasi renyah dan gurih yang mampu memanjakan lidah babaturan. Yuk simak resep kue lidah kucing ini !

Resep Kue Lidah Kucing, Renyah Garing dan Anti Gagal!

Resep Kue Lidah Kucing, Renyah Garing dan Anti Gagal!
instagram.com/siscasantosa

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep kue lidah kucing yang lezat dan menggugah selera ini! Sederhana namun memikat, kue lidah kucing merupakan camilan yang sempurna untuk menemani secangkir teh atau kopi. Dengan variasi rasa yang beragam, cobalah buat versi favorit babaturan sendiri. Jangan lupa, nikmati sensasi renyah dan gurih yang membuat kue lidah kucing begitu istimewa. Selamat mencoba!

Waktu Persiapan:
Mengukur dan menimbang bahan: 15 menit
Menyiapkan alat dan bahan: 10 menit
Membuat adonan: 20 menit
Memasukkan adonan ke plastik segitiga: 10 menit

Waktu Memasak:
Memanggang kue lidah kucing: 30 menit

Total waktu yang dibutuhkan:
Waktu persiapan: 55 menit
Waktu memasak: 30 menit
Total keseluruhan: sekitar 1 jam 25 menit

Bahan Untuk Membuat Kue Lidah Kucing

  • 100 cc putih telur
  • 250 gr butter/margarin
  • 150 gr gula halus
  • 200 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung maizena
  • 25 gr susu bubuk
  • vanili bubuk

Alat yang dibutuhkan:

  • Mixer
  • Loyang kue lidah kucing
  • Plastik segitiga
  • Spatula

Cara Membuat Kue Lidah Kucing

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan pastikan semua bahan telah diukur dengan tepat.
  2. Kocok butter, gula halus, dan vanili bubuk dengan mixer hingga tercampur rata dan berubah warna menjadi pucat.
  3. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk yang sudah diayak sedikit-sedikit ke dalam adonan butter dan aduk rata dengan spatula.
  4. Kocok putih telur dengan mixer hingga kaku dan membentuk puncak yang tegak.
  5. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan butter sedikit-sedikit dan aduk rata dengan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah. Jangan terlalu sering mengaduk karena bisa membuat kue menjadi padat dan keras.
  6. Siapkan loyang kue lidah kucing dan oles tipis dengan margarin atau menggunakan loyang kue lidah kucing anti lengket.
  7. Ambil adonan secukupnya dan masukkan ke dalam plastik segitiga yang telah dipotong pada ujungnya. Semprotkan adonan ke dalam loyang kue lidah kucing dengan bentuk seperti lidah kucing.
  8. Panaskan oven pada suhu sekitar 160-170 derajat Celsius.
  9. Panggang kue lidah kucing dalam oven yang sudah dipanaskan selama sekitar 10-15 menit atau hingga kue berwarna kekuningan dan matang.
  10. Angkat kue lidah kucing dari oven dan biarkan dingin sejenak di atas rak kawat.
  11. Setelah dingin, keluarkan kue lidah kucing dari loyang dan simpan dalam wadah kedap udara.