Resep Kue Sagu Keju, Camilan Manis dan Lumer di Mulut

Resep Kue Sagu Keju, Camilan Manis dan Lumer di Mulut
instagram.com/kitchenlesta85

Resep Kue Sagu Keju – Saat memikirkan camilan tradisional Indonesia yang lezat dan populer, kue sagu keju pasti masuk dalam daftar prioritas. Kue dengan tekstur yang renyah dan aroma yang khas ini terbuat dari sagu, keju, mentega, gula, dan telur yang diolah dengan hati-hati dan keahlian khusus.

Kue sagu keju bukan hanya camilan yang enak, tetapi juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kue ini menjadi primadona di berbagai acara, mulai dari resepsi pernikahan hingga perayaan hari raya. Anak-anak pun kerap tergoda dengan kelezatan kue sagu keju yang manis dan kejunya yang lezat.

Meskipun sederhana dalam penampilannya, pembuatan kue sagu keju membutuhkan keahlian dan ketelitian dalam mengolah bahan-bahan. Adonan yang terbuat dari campuran sagu, keju, mentega, gula, dan telur harus dicampur dengan baik hingga terbentuk adonan yang kalis. Kemudian adonan tersebut dibentuk bulat atau pipih sesuai selera, dan dipanggang hingga matang di dalam oven.

Walau kini banyak ragam kue modern yang lebih trendy, kue sagu keju masih menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia. Kelezatannya yang khas dan harganya yang terjangkau menjadikan kue sagu keju mudah ditemukan di berbagai tempat. Tak heran bila kue ini kerap menjadi oleh-oleh atau souvenir bagi para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Kue sagu keju memang tak bisa dipandang sebelah mata. Selain menjadi camilan yang nikmat, kue ini juga menjadi ikon dari kekayaan kuliner Indonesia. Jadi, tak ada salahnya mencoba kue sagu keju dan merasakan kenikmatannya bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Percayalah, babaturan pasti akan tergoda untuk mencicipinya lagi dan lagi!

Resep Kue Sagu Keju, Camilan Manis dan Lumer di Mulut

Resep Kue Sagu Keju, Camilan Manis dan Lumer di Mulut
instagram.com/eras_ufii

Yuk, jangan ragu untuk mencoba Resep Kue sagu keju yang nikmat ini! Dengan tekstur yang renyah dan aroma yang khas, kue sagu keju pasti bisa memuaskan selera babaturan. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatannya yang tak terlupakan. Ayo, mari kita mulai memasak!

Waktu Persiapan:
Menyiapkan bahan: 15 menit
Menyangrai tepung larut: 10 menit
Mengocok adonan: 5 menit
Memasukkan tepung larut ke dalam adonan: 5 menit
Mengisi adonan ke dalam spuit mawar: 5 menit
Menyiapkan loyang: 5 menit

Waktu Memasak:
Membakar kue sagu keju di oven: 20-25 menit

Total waktu keseluruhan: sekitar 65-70 menit (1 jam 5-10 menit)

Bahan Untuk Membuat Kue Sagu Keju:

  • 400 gr tepung larut
  • 200 gr keju parut
  • 20 gr santan bubuk
  • 150 gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 100 gr butter (royal)
  • 100 gr Blueband

Alat yang dibutuhkan:

  • Mixer
  • Spatula
  • Spuit mawar
  • Loyang

Cara Membuat Kue Sagu Keju:

  1. Panaskan oven pada suhu 160 derajat Celsius.
  2. Sangrai tepung larut tanpa minyak selama 10 menit hingga agak ringan, biasanya menggunakan daun pandan. Gunakan api kecil saat menyangrai.
  3. Gunakan mixer untuk mengocok telur, gula halus, mentega, dan Blueband selama 2 menit hingga adonan tercampur rata.
  4. Tambahkan bubuk santan dan keju parut ke dalam adonan, lalu aduk menggunakan mixer atau spatula hingga tercampur rata.
  5. Masukkan tepung larut sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk dengan spatula hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  6. Ambil adonan sedikit dan masukkan ke dalam spuit mawar.
  7. Cetak adonan di atas loyang yang telah diolesi mentega atau dialasi kertas roti.
  8. Panggang di oven selama 20-25 menit hingga matang dan warnanya agak kecoklatan.
  9. Keluarkan dari oven dan biarkan kue sagu keju dingin sebelum disajikan.
  10. Kue sagu keju sudah siap untuk dinikmati!