Resep Kue Semprit, Kue Klasik dengan Rasa Gurih, Renyah, dan Manis

Resep Kue Semprit, Kue Klasik dengan Rasa Gurih, Renyah, dan Manis
instagram.com/bakingpro.id

Resep Kue Semprit – Siapa yang tidak kenal dengan kue semprit? Kue kering yang satu ini memang sudah tak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Rasa gurih, renyah, dan manis yang dimilikinya selalu berhasil memikat hati siapa pun yang menyantapnya. Kue semprit bahkan menjadi favorit banyak orang sebagai camilan di waktu santai bersama teh atau kopi.

Asal usul Kue semprit sendiri masih menjadi misteri. Namun, banyak yang menduga kue ini berasal dari Belanda atau Eropa. Bahkan, kata “semprit” sendiri diambil dari bahasa Belanda “sprits”. Di Belanda, kue ini dikenal sebagai “spritskoekjes” yang artinya “kue semprit”. Saat penjajahan Belanda di Indonesia, kue semprit pun mulai dikenal dan menjadi salah satu cemilan khas Indonesia.

Bentuk kue semprit yang pipih dengan hiasan gula halus di atasnya memang sangat menggoda. Cara membuatnya pun sangat sederhana. Babaturan hanya perlu menyiapkan kantong plastik segitiga dan mengeluarkan adonan dari kantong tersebut dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Kemudian, panggang kue di oven hingga matang dan siap dinikmati.

Berkumpul bersama keluarga dan teman di waktu santai memang tak lengkap tanpa camilan yang menggugah selera. Kue semprit bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai camilan yang sederhana namun tak kalah lezat. Babaturan juga bisa menjadikan kue semprit sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau sahabat terdekat.

Kue semprit bukanlah sekadar kue kering biasa. Kue ini memiliki daya tarik dan cita rasa yang selalu berhasil memukau siapa pun yang menyantapnya. Apapun acaranya, kue semprit selalu cocok dijadikan sebagai camilan klasik yang tak pernah usang. Ayo, coba buat kue semprit sendiri di rumah dengan mencoba Resep Kue semprit ini !

Resep Kue Semprit, Kue Klasik dengan Rasa Gurih, Renyah, dan Manis

Resep Kue Semprit, Kue Klasik dengan Rasa Gurih, Renyah, dan Manis
instagram.com/bakingpro.id

Yuk, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba resep kue semprit yang sederhana namun menggugah selera ini! Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang simpel, babaturan bisa merasakan kenikmatan kue semprit yang gurih, renyah, dan manis di setiap gigitannya. Segera siapkan oven dan kantong plastik segitiga, dan ciptakan camilan klasik yang tak pernah usang ini di rumah babaturan sendiri!

Bahan Untuk Membuat Kue Semprit :

  • 125 gram butter
  • 50 gram gula pasir
  • 75 gram susu kental manis
  • 150 gram tepung terigu protein rendah
  • 30 gram maizena
  • 1 sendok makan tepung custard

Alat Untuk Membuat Kue Semprit :

  • Mixer
  • Loyang
  • Spuit kempang
  • Cherry merah atau pewarna makanan merah (opsional)
  • Oven
  • Wadah kedap udara

Cara Untuk Membuat Kue Semprit :

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan, kemudian timbang sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.
  2. Siapkan mixer, kocok butter, gula pasir, dan susu kental manis dengan kecepatan rendah hingga merata.
  3. Masukkan tepung terigu, maizena, dan tepung custard yang sudah dicampurkan, aduk rata dengan kecepatan rendah. Jangan terlalu lama mengaduk, karena bisa membuat adonan menjadi terlalu lembut.
  4. Siapkan spuit kempang, lalu masukkan adonan ke dalam spuit kempang dan pipihkan hingga membentuk bunga atau bentuk lain yang diinginkan. Anda bisa menambahkan cherry merah atau pewarna makanan merah untuk hiasan, jika diinginkan.
  5. Siapkan oven, panaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 10-15 menit. Letakkan loyang yang sudah dialasi kertas roti, lalu susun adonan kue semprit di atasnya dengan jarak yang cukup.
  6. Panggang kue semprit dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 20 menit, lalu turunkan suhu menjadi 130 derajat Celsius dan panggang lagi selama 20 menit.
  7. Setelah matang, angkat kue semprit dan biarkan dingin sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.
  8. Kue semprit siap disajikan dan dinikmati sebagai camilan yang lezat dan renyah. Selamat mencoba!