Resep Nastar, Sederhana dan Lembut dalam Setiap Gigitannya

Resep Nastar, Sederhana dan Lembut dalam Setiap Gigitannya
instagram.com/resepkuekeringmudah

Resep Nastar – Ada satu kue kering yang selalu hadir saat momen spesial di Indonesia. Namanya nastar. Dibalut dengan rasa manis dan lembut, kue ini menawarkan sensasi isian selai nanas dan keju yang khas. Nastar terkenal sebagai cemilan yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga membawa kenangan indah dalam setiap gigitannya.

Nastar sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Diperkirakan, Kue ini dibawa oleh para penjajah Belanda atau Portugis pada masa kolonialisme. Namanya berasal dari bahasa Belanda “ananas taart” yang berarti tart nanas. Meski awalnya diadaptasi dari kue-kue Belanda, kini nastar telah diolah dengan sentuhan bahan-bahan lokal, menciptakan citra rasa yang unik dan autentik.

Nastar memiliki bentuk kecil dan bulat dengan kulit yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, mentega atau margarin. Adonan kulit ini dicampur hingga lembut, lalu dibentuk menjadi cangkang kecil yang menampung isian nanas. Selai nanas ini sendiri terbuat dari campuran nanas segar, gula, dan air jeruk nipis. Tidak hanya selai nanas, kini nastar juga tersedia dengan berbagai isian yang inovatif, seperti keju, cokelat, atau kacang hijau.

Nastar lebih nikmat saat disajikan dingin. Kue ini biasanya disimpan dalam kotak kue atau toples kaca yang rapat untuk menjaga kelembutannya. Ketika ingin disajikan, tinggal keluarkan dari kulkas dan nikmati bersama secangkir teh atau kopi. Nastar juga bisa dijadikan sebagai hadiah atau sebagai hidangan saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Saat disajikan, tidak hanya rasanya yang lezat, tetapi juga aroma dan kenangan yang terasa setiap kali satu gigitan nastar diambil.

Setelah membaca tentang kelezatan dan kenangan manis yang dihadirkan oleh nastar, apakah babaturan tertarik mencoba membuatnya sendiri di rumah? Tidak perlu khawatir, resep nastar sebenarnya sangat mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan oleh pemula dalam memasak. Yuk simak resep nastar berikut ini !

Resep Nastar, Sederhana dan Lembut dalam Setiap Gigitannya

Resep Nastar, Sederhana dan Lembut dalam Setiap Gigitannya
instagram.com/happyme_homemade

Dengan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula, telur, mentega, dan nanas segar, babaturan bisa membuat nastar yang lezat dan menggugah selera. Dan ketika babaturan mencicipi hasil akhirnya, bisa merasakan kepuasan dan kebahagiaan yang tak terkatakan.

Jadi, ayo coba buat nastar di rumah dan nikmati rasanya yang istimewa. Siapa tahu, kue ini bisa menjadi andalanmu untuk acara kumpul-kumpul atau sebagai hadiah spesial untuk orang tersayang. Yuk, mulai sekarang, berkreasilah dan ciptakan kenangan manismu sendiri bersama nastar.

Bahan Untuk Membuat Kue Nastar

Bahan Utama

  • 125 gram butter
  • 125 gram margarin
  • 75 gram gula halus
  • 2 buah kuning telur
  • 325 gram terigu protein rendah
  • 25 gram maizena
  • 25 gram susu bubuk
  • Selai nanas, secukupnya

Bahan Olesan :

  • 2 kuning telur
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok makan susu cair

Cara Membuat Untuk Membuat Kue Nastar

  1. Siapkan mentega tawar, gula tepung, dan kuning telur. Masukkan ke dalam mixer dan aduk hingga tercampur merata.
  2. Setelah tercampur merata, masukkan tepung terigu protein rendah, maizena, dan susu bubuk yang telah diayak. Aduk perlahan hingga adonan tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan kurang lebih seberat 8 gram. Pipihkan dengan telapak tangan, lalu tambahkan selai nanas secukupnya di tengah adonan. Bentuk adonan menjadi bulat dan susun di atas loyang nastar yang telah dilapisi kertas roti.
  4. Setelah selesai membentuk adonan nastar, panaskan oven selama 5 menit dengan suhu 150 derajat Celsius.
  5. Setelah oven dipanaskan, panggang adonan nastar selama 30 menit. Setelah 30 menit, keluarkan nastar dari oven.
  6. Sambil menunggu nastar dingin, siapkan olesan dengan mencampurkan kuning telur, minyak goreng, dan susu cair. Aduk hingga tercampur merata.
  7. Olesi nastar yang telah dingin dengan menggunakan olesan yang telah dibuat tadi. Oven nastar lagi selama 3-5 menit hingga permukaannya tampak kuning keemasan.
  8. Keluarkan nastar dari oven dan biarkan dingin sejenak.
  9. Sekarang, nastar lebaran anti gagal siap dinikmati bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Nastar adalah salah satu kue kering khas Indonesia yang selalu hadir pada momen-momen spesial. Meski memiliki sejarah yang berasal dari luar negeri, kue ini telah beradaptasi dengan sentuhan bahan-bahan lokal, menciptakan citra rasa yang khas dan autentik. Dalam setiap gigitannya, nastar bukan hanya menawarkan kelezatan, tetapi juga kenangan indah yang tak terlupakan.