Resep Roti Pisang, Empuk dan Nikmat!

Resep Roti Pisang, Empuk dan Nikmat!
instagram.com/umi_babyraj

Resep Roti Pisang – Siapa yang tidak suka camilan lezat yang juga berkhasiat tinggi untuk kesehatan? Roti pisang adalah salah satu camilan yang menawarkan kedua hal tersebut. Dibuat dengan mencampurkan adonan roti yang lezat dengan pisang matang yang dihaluskan, roti pisang adalah pilihan camilan yang cocok untuk semua orang.

Roti pisang adalah pilihan camilan sehat yang cocok untuk berbagai kesempatan. Bisa dihidangkan untuk keluarga dan teman, atau dijadikan sarapan praktis yang enak dan mengenyangkan. Tak luput pula untuk membawa roti pisang sebagai camilan sehat dan praktis saat babaturan bepergian lhoo.

Babaturan gak perlu khawatir tentang asupan kalori atau gula yang berlebihan, roti pisang tetap bisa dinikmati dengan santai. Babaturan bisa memilih pisang yang matang dan lebih manis, dan tidak perlu menambahkan terlalu banyak gula. Roti pisang bahkan bisa dijadikan sebagai makanan penambah energi setelah berolahraga.

Tidak hanya rasanya yang lezat, roti pisang juga sangat baik untuk kesehatan. Kandungan tinggi serat, vitamin, dan mineral dalam pisang memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu menjaga kesehatan jantung dan pencernaan. Nutrisi pada pisang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan mood.

Cara buat roti pisang di rumah sangat mudah dan menyenangkan. Babaturan hanya memerlukan beberapa bahan dasar seperti tepung terigu, gula, telur, susu, dan pisang matang. Babaturan juga bisa menambahkan bahan lain seperti coklat atau kacang untuk memperkaya rasa.

Babaturan jangan ragu yaaa untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah, apalagi dengan resep roti pisang ala resep dahareun. Yuk simak resepnya!

Resep Roti Pisang, Empuk dan Nikmat!

Resep Roti Pisang, Empuk dan Nikmat!
instagram.com/umi_babyraj

Bahan Untuk Membuat Roti Pisang

Bahan Roti

  • 300 gr tepung terigu protein tinggi
  • 50 gr tepung protein sedang
  • 65 gr gula pasir
  • 5 gr ragi instan (1/2 bks)
  • 2 butir kuning telur
  • 190-200 ml susu cair dingin
  • 25 gr susu bubuk
  • 60 gr margarine
  • Sejumput garam

Bahan Isian

  • 1 buah pisang tanduk, dipotong-potong, lalu di fry pan sebentar dengan margarine, dan sisihkan
  • Meises secukupnya

Cara Membuat Roti Pisang

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan ragi instan hingga tercampur rata.
  2. Masukkan kuning telur dan susu cair (susu cair tuang perlahan sedikit demi sedikit jangan langsung tuang semua), uleni hingga setengah kalis kemudian tambahkan margarine lalu garam. Uleni kembali hingga kalis elastis.
  3. Setelah adonan kalis sempurna, proofing adonan selama 15 menit, kempeskan adonan lalu bagi-bagi dan timbang, rounding/bulatkan sampai mulus, kemudian ditimbang satunya 45gram, diamkan sambil ditutup selama 10 menit.
  4. Pipihkan adonan lalu beri isian pisang dan meises, lipat adonan jangan sampai ujung adonan, kemudian pertengahan adonan potong dengan pisau, lalu lipat adonan roti sampai ujung, lakukan sampai adonan roti habis. Proofing kembali selama 45 menit.
  5. Oles susu cair, lalu beri topping meises dan almond slice (ini opsional), panggang dalam oven selama 15 menit api atas bawah 170°C.
  6. Angkat, oles margarine dengan cepat, roti pisang siap disajikan.