Resep Es Kuwut Segar Di Siang Hari

Es Kuwut Minuman khas bali
instagram.com/elokwahyunii

Es kuwut adalah sejenis minuman es yang populer di Bali, Indonesia. Minuman ini terdiri dari es batu yang dihancurkan dan dicampur dengan jus nanas, jus melon, atau jus buah lainnya. Minuman ini biasanya disajikan dalam wadah terbuka, dengan topping seperti buah-buahan segar atau es cream.

Es kuwut merupakan minuman yang sangat segar dan menyegarkan, terutama di daerah dengan iklim panas seperti Bali. Minuman ini sering dijual di gerai-gerai minuman atau warung-warung di sekitar pantai atau tempat-tempat wisata lainnya. es kuwut juga merupakan minuman yang populer di kalangan wisatawan yang datang ke Bali, sehingga sering dijumpai di warung-warung yang menyajikan makanan dan minuman untuk wisatawan.

Es kuwut dapat disajikan dengan berbagai variasi rasa, tergantung pada jus atau buah yang digunakan. Beberapa variasi populer termasuk es kuwut nanas, es kuwut melon, dan es kuwut alpukat. Es kuwut juga dapat dicampur dengan es cream atau es krim untuk memberikan tekstur yang lebih creamy dan manis. Minuman ini merupakan pilihan yang tepat untuk menyegarkan diri di saat cuaca panas atau setelah melakukan aktivitas fisik yang melelahkan.

Bahan

  • 1 liter air kelapa muda dan dagingnya
  • 250gr melon
  • 150ml sirup melon
  • es batu secukupnya
  • 100 gram gula pasir
  • 2 buah jeruk nipis.

Langkah – Langkah membuat Es Kuwut:

  1. Bersihkan air kelapa muda dari kotoran atau debu yang ada di dalamnya. Jika Anda tidak memiliki air kelapa muda, bisa menggunakan air kelapa yang sudah difilter atau air biasa.
  2. Campur air kelapa muda dengan gula pasir dan garam. Aduk hingga gula pasir terlarut dan tercampur rata dengan air kelapa muda.
  3. Peras jeruk nipis ke dalam campuran air kelapa muda. Aduk hingga jeruk nipis tercampur rata dengan air kelapa muda.
  4. Masukkan campuran air kelapa muda ke dalam wadah yang telah diisi es batu. Biarkan hingga es batu mencair dan tercampur rata dengan air kelapa muda.
  5. Setelah es kuwut siap disajikan, Anda bisa menambahkan irisan jeruk nipis atau daun mint di atasnya sebagai hiasan tambahan. Es kuwut juga bisa disajikan dengan bahan-bahan tambahan seperti buah-buahan segar atau perasa buah lainnya.

Es kuwut merupakan minuman yang segar dan menyegarkan. Selain itu, air kelapa muda juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kelembapan kulit, menjaga kadar gula darah, dan menurunkan tekanan darah. Jadi, tidak ada salahnya mencoba membuat es kuwut di rumah sebagai minuman penyegar setelah melakukan aktivitas fisik atau untuk mengatasi kepanasan. Selamat mencoba!